Collection

Collection
.

Jumat, 23 September 2011

Proses Pembuatan Karya Kreativitas

Memang jika dilihat dari hasilnya dan dibandingkan dengan hasil karya kawan-kawan rasanya sedikit minder untuk mempost nya tapi sebagai mahasiswa Psikologi yang katanya terkenal dengan ke-PDannya dan karena ingin sedikit membuat self esteem menjadi tinggi maka saya tampilkan hasil karya saya tersebut.
Awalnya binging juga pengen membuat produk dari jenis apa,karena jujur saya masuk kreativitas karena ingin melatih kreativitas saya yang sangat tidak diatas menengah,bahkan jika ditanya disegi mana anda bisa menjadi kreatif saya akan bingung menjawabnya. Setelah mendapat ide dari mama dan teman-teman akhirnya saya memilih untuk membuat bingkai foto berhubung karena saya sangat suka berfoto dan mempunyai koleksi foto yang banyak dan frame yang minim., dibarengi dengan tempat pena dan kartu ucapan.Saya memulai kegiatan ini dengan mengumpulkan alat-alat yang diperlukan dan menambah beberapa bahan sebagai tambahan dari bahan pokok yang telah diberikan oleh buk Dina sebagai dosen pengampu mata kuliah Kreativitas.
Alat dan bahan nya berupa :
*      Alat
Ø  Gunting
Ø  Lem
Ø  Hekter

*      Bahan
Ø  Kertas brosur
Ø  Sedikit kacang hijau

Cara pembuatannya :
ü  Awalnya meneguhkan niat dan membaca Basmalah.
ü  Mengumpulkan semua alat dan bahan yang diperlukan.
ü  Menggunting kertas menjadi kecil-kecil dan mengubahnya menjadi bentuk bunga denga bantuan hekter.
ü  Menyatukan beberapa lembar kertas dan menguntingnya hingga menjadi sebentuk frame, lalu menempel aksesorisnya dengan bunga,dan sedikit kacang hijau yang membentuk pohon.
ü  Untuk tempat penanya beberapa lembar kertas dibuat menjadi seperti tabung dan dihiasi dengan beberapa batang bunga yang dibuat dari kertas yang lebih tipis dari yang lainnya.
ü  Untuk kertas ucapan hanya menempel dan membentuk beberapa pola seperti kincir angin dan menghekternya sesuai keinginan.

Demikianlah cara pembuatannya hingga tercipta beberapa karya yang tak seberapa ini, dalam proses pengerjaannya saya dibantu oleh teman saya yaitu Lisa Chairani, semoga tulisan ini dapat berguna bagi saya dan juga para pembaca lainnya dan mendapatkan kritik dan saran dari dosen pengampu. Terima kasih… “;D

3 komentar:

  1. dear Lia....
    ide yang baik....

    jika saya bertanya seberapa spontan ide untuk mewujdukan olah kreatif tersebut terjadi dalam proses mentalmu?

    BalasHapus
  2. buk dina...
    trims ats komentnya...
    termasuk spontan kilat buk...karena dlam pikiran yg terbayang saat itu hanya koleksi foto yang banyak berce2ran dan ketidak teraturan saya dalam berproses..
    jdi frame itu untuk melengkapi n merapikan foto2 saya sdgkan kartu ucapan itu agar stiap saya mlihatnya motivasi saya untuk trus mencob akan smakin kuat...
    :)

    BalasHapus
  3. Framenya unik banget Lia.. :D
    Bisa terpikirkan untuk menambah kacang ijo itu termasuk salah satu ide kreatif lho.. :))

    Sesuai dengan pendapat Rogers (1962) yang mengatakan bahwa salah satu sumber dari kreativitas adalah kecenderungan untuk mengekspresikan dan mengaktifkan semua kemampuan organisme.
    Ketika kita dituntut untuk kreatif, kita akan berusaha untuk mengerahkan semua pemikiran kita sehingga mengaktifkan kemampuan organisme yang selama ini sedang "tertidur".. :)

    BalasHapus