Meskipun motif belajar peserta didik berbeda, tetapi secara umum, motivasi merupakan tenaga dorongan selama tahap-tahap proses belajar. Motivasi merupakan tenaga dorong untuk :
1. Mencari dan menemukan informasi mengenai hal-hal yg dipelajari;
2. Menyerap informasi dan mengolahnya;
3. Mengubah informasi yg didapat ini menjadi suatu hasil (pengetahuan, prilaku, keterampilan, sikap, kreativitas:dan;
4. Menerapkan hasil ini dalam kehidupan
Sumber : Sukadji, S.(2000). Psikologi pendidikan dan psikologi sekolah. Depok : Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Permasalahan : Bagaimana cara yg harus dilakukan agar belajar yg efektif dapat trus terpelihara???
Pembahasan : Menurut referensi yg saya dapat dan melalui proses penalaran dari saya, agar motivasi untuk belajar ini terpelihara, pendidik perlu menciptakan sarana belajar yg positif dan menyajikan langkah-langkah yg mendorong peserta didik untuk ingin belajar dan ingin menerapkan hal-hal yg di pelajari.
Menciptakan suasana belajar yg positif ini dapat di maksudkan seperti ini : belajar melalui pengalaman berstruktur seperti kursus,penataran, lokakarya.
Demikian penjelasan yg dapat saya berikan agar dapat mendapatkan masukan dari dosen pengampu dan para pembaca...Terima kasih...^_^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar