Kelompok 11 : Lia Hairani 10-001
Sri Saputri 10-008
Khairunisa P U 10-116
Keterampilan,
apresiasi, dan penalaran manusia dengan semua variasinya, dan juga harapan,
aspirasi, sikap, dan nilai-nilai manusia, umumnya diakui bahwa perkembangannya
sebagian besar bergantung pada peristiwa yang disebut dengan belajar.(Gagne,1985,h.1)
Tiga
prinsip dari pembelajaran efektif yang disebutkan oleh Gagne dalam analisis
tugas latihan adalah : a) memberikan pembelajaran mengenai seperangkat
tugas-tugas komponen yang diarahkan untuk membangun tugas final; b) memastikan
bahwa setiap tugas komponen dikuasai; dan c) sekuensi tugas komponen untuk
memastikan transfer yang optimal ke tugas final (Gagne, 1962a, 1962b).
Faktor
yang dapat memberikan perbedaan dalam pembelajaran : Pertama, analisisnya tentang kegiatan belajar manusia membawanya ke
identifikasi lima domain atau keragaman hasil belajar yang berbeda-beda yang
merepresentasikan rentang prestasi manusia. Kedua,
dia mengidentifikasi keadaan internal dan langkah pemprosesan informasi yang
diperlukan untuk belajar di dalam domain atau kategori itu, dan Ketiga, persyaratan untuk pembelajaran
yang mendukung belajar. Tarakhir,
pedoman untuk mendesain pembelajaran juga memuat riteria seleksi media.
Keunikan Hakikat
Belajar Manusia
Elemen
penting dalam analisis Gagne adalah kaitan belajar dengan perkembangan,
kompleksitas belajar pada manusia, dan maslah khusus dengan pandangan-pandangan
sebelumnya.
Defenisi Belajar
Menurut
Gagne, tidak ada defenisi belajar yang memadai karena belajar bukan merupakan
proses tunggal. Oleh karena itu, tugas teori belajar adalah mengidentifikasikan
seperangkat prinsip yang : (a) mengakomodasi baik itu kompleksitas maupun
variasi belajar manusia, dan (b) mengeneralisasikan ke semua situasi yang
beragam dan situasi dimana belajar tertentu. Namun Gagne juga berpendapat bahwa
jika ingin mendeskripsikan tentang belajar manusia yang memadai harus berlaku
disetiap aktivitas manusia diberagam latar dan situasi dimana belajar itu
terjadi. Juga, belajar menghasilkan disposisi yang dipertahankan yang
dibuktikan oleh kinerja tertentu.
Komponen belajar
Gagne
mempunyai kerangka untuk belajar yang didalam kerangka tersebut mempunyai 3
komponen diantaranya : a. system untuk menjelaskan diversitas kapabilitas
manusia; b. proses pemerolehan kapabilitas; dan c langkah-langkah dalam
pembelajaran yang mendukung setiap langkah dalam belajar.
Lima
ragam belajar menurut Gagne : informasi verbal, keterampilan intelektual,
strategi kognitif, keterampilan motorik/gerak dan sikap. Kondisi belajar
menurut Gagne yaitu kondisi belajar internal dan eksternal. hasil belajar itu
ada 5, yang masuk hasil belajar kognitif menurut Gagne ada tiga macam adalah informasi verbal,
keterampilan intelektual, dan strategi kognitif. Sedangkan motorik dan sikap
adalah hasil belajar yang lain.
Sembilan
tahapan belajar :
Deskripsi
|
Tahapan
|
Fungsi
|
Persiapan Belajar
|
1. Memerhatikan
2. Harapan
3. Pengambilan
kembali (informasi yang relevan dan/ atau keterampilan) untuk dibawa ke
ingatan kerja
|
Memberikan peringatan
bagi pemelajar terhadap adanya stimulus
Mengorientasikan
pemelajar pada tujuan belajar
Memberi ingatan
tentang kapabillitas yang diperlukan
|
Akuisisi dan kinerja
|
4. Persepsi
selektif terhadap ciri stimulus
5. Pengkodean
Semantik
6. Pengambilan
kembali dan renspons
7. Penguatan
|
Memungkinkan
penyimpanan stimulus penting secara temporer didalam ingatan kerja
Transfer ciri
stimulus dan informasi terkait ke dalam ingatan jangka panjang
Mengembalikan
informasi yang tersimpan ke penggerak respons individual dan mengaktifkan
respons
Mengkonfirmasian
harapan pemelajar tentang tujuan belajar
|
Transfer Belajar
|
8. Pengambilan
petunjuk
9. Kemampuan
generalisasi
|
Memberikan petunuk
tambahan untuk pengingatan kapabilitas di waktu mendatang
Memperkaya transfer
belajar ke situasi baru
|
Hakikat
belajar yang kompleks menurut Gagne ada dua yaitu Prosedur dan Hierarki
Belajar.
Prinsip Pembelajaran
Asumsi
Gagne tentang pembelajaran di kelas mencakup sifat dari pembelajaran dan proses
yang disebut sebagai desain pembelajaran.
Inti
dari kegiatan pembelajaran adalah menyajikan cirri-ci stimulis,memberikan
pedoman belajar,memunculkan kinerja,dan memberikan tanggapan dan umpan balik.
Merancang Pembelajaran
Untuk Keterampilan Yang Kompleks
menurut
gagne rancangan pembelajaran untuk keterampilan yang kompleks menyajikan
peristiwa pembelajaran untuk urutan keterampilan yang ada dalam prosedur dan
hirarki belajar.
Isu Pokok Dalam
Merancangan Pembelajaran
identifikasi
kapabilitas yang akan dipelajari,analisis tugas atas tujuan,pemilihan peristiwa
pembelajaran yang cocok.
Kelemahan dari Teori
Gagne
Dalam
teori gagne ia mengembangkan teori
kondisi belajar untuk menjelaskan berbagai macam proses psikologis yang
terlihat didalam riset tentang belajar sebelumnya dan untuk menspesifikasikan
dengan tepat urutan kegiatan pembelajaran untuk proses-proses yang
teridentifikasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar