Collection

Collection
.

Senin, 14 Maret 2011

INTELEGENSI

      Konsep intelegensi menimbulkan kontroversi dan debat panas, sering kali sebagai reaksi terhadap gagasan bahwa setiap orang punya kapasitas mental umum yg dapat diukur dan dikuantifikasi dalam angka. Psikolog pendidikan memperdebatkan apakah kita punya kapasitas mental umum ataukah sejumlah kapasitas mental spesifik.Juga,apakah kita punya beragam kapasitas mental, lalu apa kapasitas itu?? Berapa banyak yg kita punya??
      Novelis Inggris abad ke-20 Aldous Huxley mengatakan bahwa anak-anak itu hebat dalam hal rasa ingin tahu dan intelegensi nya.Apa yg dimaksud Huxley ketika dia mengatakan kata intelegensi (intelegence)?? Intelegensi adalah salah satu milik kita yg paling berharga, tapi bahkan orang yg paling cerdas sekalipun tidak sepakat tentang apa intelegensi itu. Berbeda dengan berat tinggi badan dan usia, intelegensi tidak dapat diukur secara lansung. Anda tidak dapat mengintip kepala murid anda untuk mengamati intelegensi yg ada didalamnya. Kita hanya bisa mengevaluasi intelegensi murid secara tidak lansung degan cara mempelajari tindakan intelegensi murid. Kita lebih banyak mengandalkan pada tes intelegensi tertulis untuk lebih memperkirakan intelegensi murid.
      Minat terhadap ahli sering kali difokuskan pada perbedaan individual dan penilaian individual (Kaufman & Lictenberger, 2002; Lubinski,2000; Molfse & Martin,2001). Perbedaan individual adalah cara dimana orang berbeda satu sama lain secara konsisten dan tetap. Kita bisa bicara tentang perbedaan individual dalam hal kepribadiannya (personalitas) dan dalam bidang-bidang lain,namun intelegensilah yg paling banyak diberi perhatian dan paling banyak dipakai untuk menarik kesimpulan tentang perbedaan kemampuan murid.

Sumber : Santrock., J.W. (2008), Psikologi Pendidikan (edisi kedua). Jakarta: Prenada Media Group hal: 134

Permasalahan : Dari sember diatas, Apakah yg bisa kita tarik mengenai intelegensi ??Dan bagaimana mengenai pengukuran tes tersebut??

Pembahasan : Menurut referensi diatas,dan menurut buku psikologi umum yg saya dapat, Intelegensi adalah kemampuan kognitif yg dimiliki individu untuk berhadapan dengan lingkungan. kognitif disini tentulah sudah jelas berhubungan dengan otak kita,dan berhubungan dengan lingkungan disini dapat dicontohkan seperti :
- Mempelajari pengalaman baru
- Menalar dg baik.
- Menyelesaiakan masalah dg efektif.
Kemampuan kognitif atau intelegensi dipengaruhi oleh genetika dan lingkungan sekitarnya. Intelegensi tidak dapat berubah-ubah tapi skor intelegensi dapat berubah, mengenai tes intelegensi dikatakan valid jika memenuhi persyaratannya terutama di bagian administrasinya,karna walaupun tes itu berjalan dg baik jika administrasi nya saja sudah bermasalah data yg akan diperoleh tidak akan optimal.
Semakin baik kemampuan intelegensi seseorang semakin baik dia memecahkan masalah dalam lingkungan sekitarnya.

Demikian,pendapat saya mengenai intelegensi semoga dapat masukan dari para pembaca dan dosen pengampu. Terima kasih...^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar