Collection

Collection
.

Selasa, 08 Maret 2011

Penilaian Terhadap Anggota Kelompok

     Waah....Pembahasan mengenai teori kognitif dan motivasi tidak menjadi momok dalam Psikologi Pendidikan kali ini,karena pengampu mata kuliah kami memberikan stimulus yg membuat para mahasiswa menjadi tertantang dan lebih termotivasi dalam mengikuti perkuliahan ini.
    Menurut teori dari Johari Windows ada dua komponen penting yaitu : saya dan orang lain,"Ketika saya tahu dan orang lain tahu itu disebut terbuka,saya tahu dan orang lain tidak tahu itu disebut rahasia,ketika orang lain dan saya tidak tahu itu disebut misteri,dan ketika orang lain tahu tetapi saya tidak tahu itu disebut blind(buta)".
     Hal tersebut kemudian diaplikasikan kesebuah kegiatan yaitu penilaian mengenai teman2 sekelompok yang terdiri dari 3 orang perkelompok,Johari windows kemudian memberikan stimulus kembali,saat kita tidak dapat menerima pendapat teman2 kita mengenai karateristik kita sendiri,kita dapat keluar dari kelompok tersebut sehingga teman yg lain dapat menginterpretasikan pendapat mereka.
      Dan penilaian yg saya berikan kepada kedua teman saya,tentunya juga dilandasi dg pemikiran yg menggunakan kognitif(otak).Dan berhubungan juga dengan Teori Piaget mengenai skema.
"Skema adalah sebuah konsep atau kerangka yg eksis didalam pikiran seseorang yg dipakai dalam mengorganisasikan dan menginterpretasikan informasi".
Konsep disinalah yg sedang saya pakai dalam menginterpretasikan pendapat saya mengenai kedua teman saya tersebut, yg sebelumnya telah terorganisasikan terlebih dahulu dalam proses kognitif sehingga dapat membedakan sifat diantara keduanya.
      Piaget (1995) juga mengatakan bahwa ada dua proses yg bertanggug jawab atas cara menggunakan dan mengadaptasi skema.yakni asimilasi dan akomodasi.
"Asimilasi adalah suatu proses mental yg terjadi ketika seorang anak yg memasukkan pengetahuan baru kedalam pengetahuan yg sudah ada".Seperti hal nya saya yg memasukkan informasi baru mengenai karateristik kedua teman saya kedalam pengetahuan yg memang telah ada.
"Akomodasi adalah suatu proses mental yg terjadi ketika anak menyesuaikan diri dg informasi baru". Seperti halnya saya juga yg akhirnya menggabungkan informasi yg baru dan lama dan menyesuaikannya yg terjadi dalam proses mental,hingga akhirnya dapat saya interpretasikan menjadi sebuah penilaian terhadap mereka.
Disamping itu,ada faktor lain yg mendorong saya hingga dapat menginterpretasikan pendapat saya yaitu Motivasi.
Kali ini saya akan menghubungkan motivasi saya dalam menilai dan menginterpretasikan karateristik kedua teman saya tersebut menggunakan Teori Motivasi untuk Meraih Sesuatu yg didalamnya terdapat motivasi ekstrinsik dan intrinsik.
"Motivasi ekstrinsik adalah melakukan sesuatu untuk mendapatkan sesuatu yg lain( cara untuk mencapai tujuan". Jika dihubungkan dg kasus penilaian tadi, saya melakukan penilaian2 untuk mereka dan berani menginterpretasikan hasilnya karna saya juga ingin mendapatkan penilaian juga dari mereka, dg kata lain itu adalah cara saya untuk mencapai tujuan saya yaitu mengetahui penilaian mereka tentang saya.
Sedangkan,"Motivasi intrinsik adalah motivasi internal untuk melakukan sesuatu demi sesuatu itu sendiri (tujuan itu sendiri),dalam pikiran saya timbul motivasi untuk mau keluar sementara dari kelompok selama teman saya melakukan penilaian,hal ini dapat dikatakan sebagai motivasi internal tersebut.
Hal diatas bergabung menjadi sebuah konsep yg akhirnya dikeluarkan menjadi pendapat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar