Collection

Collection
.

Selasa, 04 Oktober 2011

Realisasi The Inspirator dengan strategi 4P

Udah pada baca khan gimana hasil kerja ayah ku.. sekarang aku mau ajak pembaca untuk membahas kriteria yang bisa dikatakan kreatif itu apa aja sih??? pasti semua sudah tau khan kalau seseorang itu dikatakan kreatif jika didalamnya terdapat 4P yaitu Pribadi, Pendorong,Proses dan Produk. kalau begitu hasil kerja ayah bisa dikatakan kreatif gak ya?? yukk sama-sama kita bahas apakah hasil kerja ayah memiliki 4P.

1. Pribadi
Menurut buku karangan Prof. Dr. Utami Munandar, seseorang dikatakan menjadi kreatif apabila seseorang menciptakan sesuatu yang menggambarkan keorisinilan dan keunikan orang tersebut. Nah dari ungkapan pribadi yang unik inilah dapat diharapkan timbulnya ide-ide baru dan produk-produk yang inovatif.
seperti ayah tadi, tanpa mencontoh dan melihat ide orang lain, tanpa disadari ide tersebut mengalir dengan sendirinya.

2.Pendorong (Press)
Bakat kreatif seseorang akan terwujud jika ada dorongan dan dukungan dari lingkungannya, ataupun jika ada dorongan kuat dalam dirinya sendiri (Motivasi Internal) untuk menghasilkan sesuatu.
Dengan kuatnya keinginan aku untuk bisa mempunyai tempat pajangan mainan,ditambah lagi dengan ide ayah yang menerutku sesuai dengan keinginanku saat itu,maka dorongan itu semakin kuat yang berasal dari aku dan ayah,ditambah lagi mama pun sepertinya welcome dengan apa yang dikerjakan oleh ayah, seperti kata ayah saat itu sambil menyelam minum air, sambil menghabiskan waktu dapat membuat sesuatu yang membuat aku senang...

3. Proses
Dalam hal ini yang terpenting adalah memberikan kebebasan kepada orang tersebut untuk mengekspresikan dirinya secara kreatif, tentu saja dengan persyaratan tidak merugikan orang lain dan lingkungan. Pertama-tama yang perlu adalah proses bersibuk diri secara kreatif tanpa perlu selalu atau terlalu cepat menuntut dihasilkannya produk-produk kreatif yang bermakna.
Hal yang disampaikan diatas memang benar, sebagai orang yang hanya melihat bagaimana ayah melakukannya,aku hanya bisa bertanya-tanya sampai membuat ayah hampir hilang kesabarannya dan akhirnya aku harus diam agar ayah berkonsentrasi dengan produk buatannya. Dan memang terang saja dengan membiarkan ayah melakukannya sendiri, dia bisa menciptakan sesuatu yang berguna, juga tidak merugikan orang lain dan lingkungan karena tempat ayah membuatnya dibelakang rumah kami dan bahan-bahannya memang milik pribadi.

4. Produk
Kondisi yag memungkinkan seseorang menciptakan produk kreatif yang bermakna ialah kondisi pribadi dan kondisi lingkungan, yaitu sejauh mana kedua nya mendorong ("press")seseorang untuk melibatkan dirinya dalam proses (kesibukan,kegiatan)kreatif,dan muncullah produk.
Produk yang diberikan ayah ini akhirnya diberi nama pajangan keramik.

Sekarang kita sudah bisa menyimpulkan bahwa ide dan produk ayah ini sudah dapat dikatakan kreatif kan???
tapi strategi 4P untuk meneliti tentang kreatif ini dengan menggunakan pertanyaan 5W + 1H. yuuk sama-sama kita jawab.

1. Who ? Ayah..
2.What ? produknya pajangan keramik
3.why? permintaanku dan mengisi waktu luang ayah
4. When ? sore hari ketika ayah gak kerja
5.Where ? dilokasi rumah bagian belakang
6. How ? sudah dijelaskan diblog sebelumnya kan....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar