Collection

Collection
.

Rabu, 05 Desember 2012

Analisis dan Laporan Observasi SMK Tritech Informatika


v  Laporan observasi

Standar observasi harus mencantumkan :

1.      Nama dan Nim observer
Lia Hairani (101301001)

2.      Kelas yang diobservasi
Lokasi observasi tepat berada pada X.RPL – Executive
3.      Mata pelajaran dan guru yang mengajar
Mata pelajaran yang diajarkan pada saat observasi dilakukan adalah Kewirausaahan yang dibimbing oleh bapak Supriyanto.

4.      Waktu mengobservasi dan durasi observasi
Observasi dilaksanakan dimulai pada pukul 11:50. Yang berdurasi selama 30 menit.

5.      Jumlah siswa dalam kelas
Siswa yang berada dalam kelas X.RPL – Executive ada sebanyak 28 orang, 16 diantaranya laki-laki dan 12 lainnya perempuan.

6.      Media pembelajaran yang digunakan guru
Guru sebagai pengampu mata pelajaran tersebut menggunakan papan tulis putih dan LCD yang disambungkan dari laptop.



7.      Media pembelajaran yang digunakan siswa
Siswa dalam pembelajarannya menggunakan laptop. Dari observasi yang saya lakukan disetiap meja mempunyai 2 buah bangku yang diduduki 2 siswa, hanya ada 1 laptop yang tersedia, saya tidak dapat memastikan bahwa laptop itu hanya milik 1 siswa atau bagaimana karena tugas kami hanya mengobservasi.



8.      Situasi fisik kelas
Didalam kelas tersebut yang bisa dikatakan tidak terlalu luas, terdapat 4 buah lampu panjang yang menerangi kelas tersebut, berada di dinding sebelah kanan saya melihat sebuah kipas angin, dan terdapat pula sebuah AC yang berada tepat didepan semua murid, AC ini juga berdampingan dengan sebuah LCD yang membantu pemahaman pembelajaran tersebut, diantara kedua nya terdapat sebuah papan tulis putih yang menjadi media guru untuk menerangkan mata pelajaran.


9.      Alat observasi
Dalam mengobservasi, saya menggunakan sebuah alat tulis dan secarik kertas, saya juga menggunakan Handphone untuk mendokumentasikan hasil observasi yang saya lakukan.

v  Analisis hasil observasi dengan teori Kondisi Belajar Gagne
Setelah melakukan observasi pada 05 Desember 2012, saya menemukan banyak hal yang dapat saya kaitkan dengan Tinjauan atas Lima Variasi Belajar berada pada table 5.2 hal 180 yang juga berkaitan dengan acuan observasi saya berada pada table 5.3 hal.186. Namun untuk membahasnya saya tidak akan menjelaskan dalam bentuk table namun berbentuk poin-poin saja.

ü  Kategori belajar           : informasi verbal
     Kapabilitas                  : pengambilan informasi yang tersimpan (fakta, label, diskursus).
Pengambilan informasi yang tersimpan ini dilakukan oleh guru dengan mengadakan sesi diskusi diantara penjelasannya mengenai sebuah materi, saat saya observasi materi yang sedang dibahas mengenai komitmen yang tinggi sebagai seorang wirausahawan. Guru memberikan beberapa pertanyaan, hal ini juga merupakan pemberian stimulus yang akhirnya menimbulkan respon mengenai informasi verbal dalam bentuk jawaban-jawaban dari beberapa siswa. Hal ini dapat juga disebut dengan pengembalian kembali dan respon yang berada pada table 5.3

ü  Kategori belajar     : Keterampilan intelektual
    Kapabilitas             : Operasi mental yang memungkinkan individu untuk merespons konseptualisasi lingkungan

Hal ini terlihat bagaimana para siswa memberikan jawaban-jawaban atas pertanyaan yang diajukan dengan menjelaskan pendapat mereka yang lansung dihubungkan dengan realita dilingkungan, mereka memberikan contoh-contoh yang memang cocok dan up to date untuk saat ini. Hal ini sesuai dengan acuan observasi di table 5.3 mengenai persepsi selektif terhadap ciri stimulus.

ü  Kategori belajar           : Strategi kogitif
     Kapabilitas                  : Proses kontrol pelaksana yang mengatur pemikiran dan belajar dari pemelajar

Hal ini berkaitan dengan pengkodean semantik, dengan memberi kode-kode pada setiap hal yang   baru dipelajari maka sudah termasuk dengan strategi kognitif, para siswa yang berada dikelas menggunakan strategi kognitif dengan membuat beberapa kode untuk hal-hal yang mereka anggap penting, kode-kode terebut dapat terlihat dengan catatan yang mereka buat saat guru menerangkan.

ü  Kategori belajar           : Keterampilan Motorik
    Kapabilitas                   : Kapabilitas dan “rencana eksekutif” untuk melakukan sekuensi gerakan   fisik.

Dalam hal ini keterampilan motorik tidak dimunculkan, dikarenakan pada pelajaran kewirausahaan para siswa hanya menjadi pendengar, kebanyakan informasi didapatkan bukan pada praktek lansung namun melalui ceramah yang diberikan oleh guru mata pelajaran tersebut.


 ü  Kategori belajar           : Sikap
     Kapabilitas                      : Predisposisi ke tindakan positif atau negative terhadap orang, objek atau peristiwa.

Sikap yang ditunjukkan siswa dalam menjalani pelajaran kewirausahaan itu cukup positif, semua siswa tampak antusias mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru mereka, dan mereka dengan sigap lansung memberikan respon saat stimulus dari guru ditampilkan, hal ini sesuai dengan kemampuan mengeneralisasi siswa, karena dengan situasi bagaimana pun mereka dapat melakukan tindakan yang sama dari apa yang telah mereka miliki.


Demikianlah hasil laporan dan analisis yang dapat saya berikan setelah mengadakan observasi tersebut, semoga mendapatkan kritik dan masukan yang membangun, karena tanpa kesalahan seseorang tidak akan bangkit dan belajar. Terima kasih…^^

1 komentar:

  1. nice blog....
    salam anak tritech...
    nie blogku http://er-designstudio.blogspot.com

    BalasHapus