v Laporan observasi
Standar
observasi harus mencantumkan :
1. Nama
dan Nim observer
Lia
Hairani (101301001)
2. Kelas
yang diobservasi
Lokasi
observasi tepat berada pada X.RPL – Executive
3. Mata
pelajaran dan guru yang mengajar
Mata
pelajaran yang diajarkan pada saat observasi dilakukan adalah Kewirausaahan yang dibimbing oleh bapak Supriyanto.
4. Waktu
mengobservasi dan durasi observasi
Observasi
dilaksanakan dimulai pada pukul 11:50. Yang berdurasi selama 30 menit.
5. Jumlah
siswa dalam kelas
Siswa
yang berada dalam kelas X.RPL – Executive
ada sebanyak 28 orang, 16 diantaranya laki-laki dan 12 lainnya perempuan.
6. Media
pembelajaran yang digunakan guru
Guru
sebagai pengampu mata pelajaran tersebut menggunakan papan tulis putih dan LCD
yang disambungkan dari laptop.
7. Media
pembelajaran yang digunakan siswa
Siswa dalam pembelajarannya menggunakan laptop. Dari
observasi yang saya lakukan disetiap meja mempunyai 2 buah bangku yang diduduki
2 siswa, hanya ada 1 laptop yang tersedia, saya tidak dapat memastikan bahwa
laptop itu hanya milik 1 siswa atau bagaimana karena tugas kami hanya
mengobservasi.
8. Situasi
fisik kelas
Didalam kelas tersebut yang bisa dikatakan tidak
terlalu luas, terdapat 4 buah lampu panjang yang menerangi kelas tersebut,
berada di dinding sebelah kanan saya melihat sebuah kipas angin, dan terdapat
pula sebuah AC yang berada tepat didepan semua murid, AC ini juga berdampingan
dengan sebuah LCD yang membantu pemahaman pembelajaran tersebut, diantara kedua
nya terdapat sebuah papan tulis putih yang menjadi media guru untuk menerangkan
mata pelajaran.
9. Alat
observasi
Dalam mengobservasi, saya menggunakan sebuah alat
tulis dan secarik kertas, saya juga menggunakan Handphone untuk
mendokumentasikan hasil observasi yang saya lakukan.
v Analisis hasil
observasi dengan teori Kondisi Belajar Gagne
Setelah
melakukan observasi pada 05 Desember 2012, saya menemukan banyak hal yang dapat
saya kaitkan dengan Tinjauan atas Lima Variasi Belajar berada pada table 5.2
hal 180 yang juga berkaitan dengan acuan observasi saya berada pada table 5.3
hal.186. Namun untuk membahasnya saya tidak akan menjelaskan dalam bentuk table
namun berbentuk poin-poin saja.
ü Kategori
belajar : informasi verbal
Kapabilitas : pengambilan informasi yang tersimpan (fakta, label, diskursus).
Kapabilitas : pengambilan informasi yang tersimpan (fakta, label, diskursus).
Pengambilan informasi yang tersimpan ini dilakukan
oleh guru dengan mengadakan sesi diskusi diantara penjelasannya mengenai sebuah
materi, saat saya observasi materi yang sedang dibahas mengenai komitmen yang
tinggi sebagai seorang wirausahawan. Guru memberikan beberapa pertanyaan, hal
ini juga merupakan pemberian stimulus yang akhirnya menimbulkan respon mengenai
informasi verbal dalam bentuk jawaban-jawaban dari beberapa siswa. Hal ini dapat
juga disebut dengan pengembalian kembali dan respon yang berada pada table 5.3
ü Kategori
belajar : Keterampilan intelektual
Kapabilitas : Operasi mental yang memungkinkan individu untuk merespons konseptualisasi lingkungan
Kapabilitas : Operasi mental yang memungkinkan individu untuk merespons konseptualisasi lingkungan
Hal ini terlihat bagaimana para siswa memberikan
jawaban-jawaban atas pertanyaan yang diajukan dengan menjelaskan pendapat
mereka yang lansung dihubungkan dengan realita dilingkungan, mereka memberikan
contoh-contoh yang memang cocok dan up to date untuk saat ini. Hal ini sesuai
dengan acuan observasi di table 5.3 mengenai persepsi selektif terhadap ciri stimulus.
ü Kategori belajar : Strategi kogitif
Kapabilitas : Proses kontrol pelaksana yang mengatur pemikiran dan belajar dari pemelajar
Kapabilitas : Proses kontrol pelaksana yang mengatur pemikiran dan belajar dari pemelajar
Hal ini berkaitan dengan pengkodean semantik, dengan
memberi kode-kode pada setiap hal yang baru dipelajari maka sudah termasuk
dengan strategi kognitif, para siswa yang berada dikelas menggunakan strategi
kognitif dengan membuat beberapa kode untuk hal-hal yang mereka anggap penting,
kode-kode terebut dapat terlihat dengan catatan yang mereka buat saat guru
menerangkan.
ü Kategori belajar : Keterampilan Motorik
ü Kategori belajar : Keterampilan Motorik
Kapabilitas : Kapabilitas dan “rencana
eksekutif” untuk melakukan sekuensi gerakan fisik.
Dalam
hal ini keterampilan motorik tidak dimunculkan, dikarenakan pada pelajaran
kewirausahaan para siswa hanya menjadi pendengar, kebanyakan informasi
didapatkan bukan pada praktek lansung namun melalui ceramah yang diberikan oleh
guru mata pelajaran tersebut.
ü
Kategori belajar : Sikap
Kapabilitas : Predisposisi ke tindakan positif atau negative terhadap orang, objek atau peristiwa.
Kapabilitas : Predisposisi ke tindakan positif atau negative terhadap orang, objek atau peristiwa.
Sikap
yang ditunjukkan siswa dalam menjalani pelajaran kewirausahaan itu cukup
positif, semua siswa tampak antusias mendengarkan apa yang disampaikan oleh
guru mereka, dan mereka dengan sigap lansung memberikan respon saat stimulus
dari guru ditampilkan, hal ini sesuai dengan kemampuan mengeneralisasi siswa,
karena dengan situasi bagaimana pun mereka dapat melakukan tindakan yang sama
dari apa yang telah mereka miliki.
Demikianlah
hasil laporan dan analisis yang dapat saya berikan setelah mengadakan observasi
tersebut, semoga mendapatkan kritik dan masukan yang membangun, karena tanpa
kesalahan seseorang tidak akan bangkit dan belajar. Terima kasih…^^
nice blog....
BalasHapussalam anak tritech...
nie blogku http://er-designstudio.blogspot.com