Collection

Collection
.

Senin, 18 April 2011

Kebutuhan Akan Bimbingan

        Ada orang yg membutuhkan bimbingan sepanjang hidup nya,tetapi ada pula yg hanya membutuhkan pada masa remaja atau pada saat menghadapi masa-masa krisis. Pelayanan bimbingan diutamakan untuk kanak-kanak, remaja, dan orang-orang muda,serta mereka yg karena sesuatu hal tidak dapat memanfaatkan kesempatan yg tersedia untuk umum(misalnya: mereka yg cacat bawaan,atau cacat karena kecelakaan,penyakit atau hambatan sosial-politik).

Sumber : Sukadji,S.(2000).Psikologi pendidikan dan psikologi sekolah.Depok:Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi(LPSP3)Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Permasalahan: Apakah bimbingan sebaiknya diberikan pada masa-masa krisis saja???

Pembahasan: Sebaiknya bimbingan diberikan secara teratur dan bukan pada masa-masa krisis saja karena hal tersebut tidak akan mendapatkan hasil yg efektif.Bimbingan tidak hanya diberikan pada masa krisis saja, tetapi pelayanan disediakan bagi setiap anak normal yg mengatasi masalah perkembangan normal. Bimbingan perkembangan didasari oleh anggapan bahwa tujuan bimbingan tidak hanya menyembuhkan luka akibat trauma,atau prevensi kesulitan akibat kekeliruan,tetapi bimbingan juga mengarahkan agar perkembangan individu mencapai taraf seoptimal mungkin....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar