Collection

Collection
.

Senin, 19 Maret 2012

Prinsip-prinsip Proses Paedagogis

Pertanyaan pertama yang pasti muncul dibenak kita adalah,”apa yang dimaksud dengan prinsip-prinsip paedagogis?”. Seperti yang disorot oleh Fatima Addine (2001) beliau menyebutkan prinsip tersebut adalah tesis dasar teori psikopaedagogis, pada arah proses paedagogis yang menjadi standar dan prosedur tindakan untuk menentukan dasar pedagogis yang paling penting dalam poses pendidikan kepribadian. Selain itu, prinsip hubungan sekolah dan kehidupan didasarkan pada dua aspek penting : kaitan antara kehidupan dan pekerjaan sebagai kegiatan yang mendidik manusia.

Prinsip lain yang berorientasi proses ini adalah salah satu yang mengombinasikan karakter kolektif dan individual pendidikan, serta penghormatan terhadap kepribadian siswa. Ini berarti jika proses pedagogis terjadi dalam konteks sekelompok orang, yang dikumpulkan sesuai dengan kriteria yang berbeda dan mengadopsi karateristik tertentu, setiap anggota memiliki kekhususan unik yang membedakan dia dari yang lain, dan memiliki hak untuk dipertimbangkan dan dihormati juga.

Prinsip berikutnya adalah merujuk pada kesatuan pengajaran, pendidikan dan perkembangan proses, karena didasarkan pada kesatuan diakletis antara pendidik dan pengajaran yang harus terkait dengan kegiatan pembangunan pada umumnya.proses pedagogis juga menggamit prinsip bahwa domain kognitif dan afektif tidak bisa berada dalam suasana yang kering. Prinsip terakhir dari proses pedagogis adalah bahwa masing-masing subsistem aktivitas, komunikasi, dan kepribadian saling tekait satu sama lain.

Sumber : Paedagogis, Andragogis, dan Heutagogis karangan Prof.Dr.Sudarwan Danim hal.71-73.

Permasalahan : Setelah menelaah mengenai prinsip=prinsip paedagogis, kemudian bagaimana program tersebut dirancang???

Pembahasan : Menurut pemahaman yang saya peroleh ditambah dengan referensi buku yang menjadi pedoman saya. Program ini dirancang dengan model pedagogis unit yang memiliki karateristik berikut :

*      Fleksibilitas.
*      Terstruktur.
*      Berpusat pada siswa.
*      Kegiatan tatap muka.
*      Pendidikan virtual, dan
*      Bimbingan guru privat.

Model pembelajaran dirancang berdasarkan tiga komponen utama : tatap muka pertemuan (bimbingan belajar, pertemuan kelas, dan bimbingan konseling ); belajar mandiri (penggunaan buku teks, panduan, dan materi dalam, media magnetic); dan layanan informasi serta jasa ilmiah dan teknis informasi.

Demikian yang dapat saya simpulkan menurut sebatas pemahaman saya,semoga bermanfaat bagi pembaca, kritik dan saran terbuka bagi teman-teman terutama dosen pengampu mata kuliah ini..terima kasih ^^.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar