Collection

Collection
.

Senin, 07 Februari 2011

Internet Dewasa Ini

          Internet adalah inti dari komunikasi melalui komputer.Sistem internet berisi ribuan jaringan komputer yang terhubung diseluruh dunia, menyediakan informasi yang tak terhingga yang dapat diakses oleh murid.Dalam banyak kasus,internet mengandung banyak informasi yang lebih baru dibandingkan dengan buku teks. Pada tahun 2000.98% sekolah umum di AS telah terhubung oleh internet,dan 77% kelas mempunyai komputer yang terhubung dengan internet.
          Worl Wide Web (Web) adalah sistem pengambilan informasi hypermedia yang menghubungkan berbagai materi internet; materi ini mencakup teks dan grafis.Web memberi struktur yang dibutuhkan internet.Perpustakaan,museum,universitas,perusahaan,organisasi,dan individu menampilkan informasi di Web, semuanya dapat diakses oleh murid dengan meng-klik gambar atau kata yang ada di layar komputer. Indeks Web dan mesin pencari (seacrh engine) seperti Google,GoTo, Infossek, Looksmart, Lycos, Northern Light, dan Yahoo! dapat membantu murid menemukan informasi yang mereka cari dengan memeriksa berbagai sumber.
         Website adalah lokasi individu atau organisasi di internet.Website menampilkan informasi yang dimasukkan oleh individu oleh organisasi. Sebuah studi nasional menemukan bahwa murid grade empat,delapan,dan dua belas yang punya komputer internet dirumah memperoleh nilei sains lebih tinggi dibanding murid yang tidak menggunakan internet dirumah.
Sumber : John W. Santrock hal : 494

Permasalahan: Dewasa ini diberbagai sekolah didapatkan bahwa anak lebih mendapatkan bahan ajar dari internet dibandingkan dengan buku teks ajaran,sehingga anak menjadi seperti mendapat suapan tanpa harus bersusah payah mencari-cari informasi dalam buku teks.Apakah hal tersebut tidak menjadikan siswa atau murid menjadi manja dan tidak lagi berimajinasi dengan buku-buku bacaan yang seharusnya mereka kuasai???dan apa yang sebaikknya dilakukan dalam kasus tersebut??

Pembahasan : Menurut referensi yang saya baca dan pengetahuan saya,memang jika internet kini lebih ditonjolkan dari pada buku teks dalam hal pengajaran akan mengakibatkan siswa tersebut tidak lagi ingin mencari-cari informasi dalam teks ajaran yang didalamnya tidak mempunyai variasi dalam hal tampilan yang menarik seperti dalam internet,dan kecanggihan pelayanan informasi dari internet yang dapat ditemui dari beberapa situs memang memancing minat siswa untuk meng-search nya dari pada membaca tulisan padat tanpa variasi.Tapi jika hal tersebut tidak diimbangi dengan arahan para pengajar seperti dosen dan guru memang kurang efektif dalam proses belajar mengajar,karna memang terkadang informasi yang didapat dari internet tersebut kita tidak dapat mengetahui sumber nya dengan detail.
Jadi,disini peran pengajar sangat penting dalam pengarahan murid-muridnya,internet sangat perlu untuk dikuasai sebagai proses perubahan zaman,tapi buku teks ajara tidak akan boleh terlepas dari proses belajar mengajar tersebut karna buku teks ajaran sudah dapat dipertanggung jawabkan informasi-informasi didalamnya.dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal kedua sumber pengajaran ini harus tetap seimbang.

        Demikian menurut pendapat saya semoga dapat diterima bagi pembaca dan diharapkan saran yang mendukung dari ibuk dan teman-teman.Terima kasih....
^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar